Tuesday, March 20, 2012

Toyota Touch Pro, Cara Pintar Hindari Macet

Jakarta – Tak dipungkiri, salah satu penyakit di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya adalah kemacetan. Nah, teknologi Toyota Touch Pro dengan sistem multimedia ini mampu menghindari penggunanya dari macet berkat informasi lalu lintas berstandar Travel Protocol Expert Group (TPEG).

Standar TPEG sendiri berbasis teknologi Digital Audio Broadcasting (DAB) yang mengusung informasi lebih banyak dan cepat dibandingkan sistem lawas saat ini yaitu analog RDS-TMC.

Pengemudi dapat merencanakan perjalanan yang lebih efisien, baik dari sisi waktu maupun penggunaan bahan bakar. Karena sistem tersebut dikombinasikan dengan sistem navigasi satelit yang sudah ada.

Sistem analog RDS-TMC saat ini masih menggunakan frekuensi radio FM untuk mengirim data, yang bandwidth nya sepuluh kali lebih kecil ketimbang TPEG.

Hasilnya, informasi detail tentang lokasi kecelakaan atau pengerjaan jalan seperti yang disediakan versi analog, dapat dikembangkan lebih jauh. Diantaranya dengan tambahan informasi kecepatan, estimasi waktu tempuh hingga panjangnya kemacetan yang ditunjukan secara akurat.

Hebatnya lagi, dalam pengujian Toyota, sistem TPEG mampu memberikan peringatan lima kali lebih cepat dari sistem analog sehingga pengguna dapat segera mencari jalan pintas untuk menghindari lokasi macet.

Sayangnya saat ini, teknologi Toyota Touch Pro baru dipakai di negara Inggris, tetapi rencananya Toyota Touch Pro akan melengkapi model-model terbaru Toyota yang dipasarkan mulai tahun ini. (mobil.otomotifnet.com)


View the original article here

No comments:

Post a Comment