Tuesday, March 20, 2012

Mengenal Teknologi Hybrid Toyota


Karawang - Mobil ramah lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui teknologi hybrid, perpaduan dua mesin pada satu mobil. Di Indonesia, sepertinya masih banyak yang ragu dengan mobil hybrid. Benar?

Nah, supaya lebih akrab dengan teknologi Hybrid, Toyota coba mengenalkan mesin gandanya ini, dengan harapan era mobil hybrid bisa segera terwujud di tanah air. Mau tau lebih lanjut? Yuk, kita ulas.

Toyota Hybrid Synergy Drive, begitu Toyota menamakan sistem mesin gandanya ini, yang terdiri dari gabungan antara mesin bensin dan motor listrik. Mesin ini merupakan hasil adopsi dari dua jenis mesin hybrid yang berbeda, yakni hybrid series dan hybrid paralel.

Pada mesin hybrid tipe series, mesin bensin hanya bertugas memutar generator untuk mensuplai listrik ke baterai, sebagai sumber energi untuk menggerakkan roda.

Kelebihan pada mesin tipe ini, konsumsi bbm sangat irit karena mesin hanya bertugas menggerakkan generator saja, sementara mobil bergerak dengan tenaga listrik. Namun kekurangannya, performa mobil tidak bisa diharapkan.

Yang kedua, sistem hybrid paralel. Mesin bensin pada tipe paralel bertugas sebagai penggerak utama, yang dibantu oleh motor listrik. Kelebihan sistem paralel, performa mobil dapat diandalkan, namun konsumsi bbm tidak akan seirit tipe series.

Nah, Toyota dengan cerdas menggabungkan kedua sistem hybrid tersebut, yang mereka namakan Hybrid Synergy Drive. Tujuannya? Jelas agar performa tetap tersedia pada mobil, sementara konsumsi BBM bisa tetap ditekan seirit mungkin.

Toyota menambahkan Power Split Device, yang berfungsi secara konstan mengatur rasio tenaga mesin bensin dan motor listrik ke roda, sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Sehingga, antara mesin bensin dan motor listrik bisa bersinergi untuk menggerakkan mobil.

Nah, jadi bisa dibayangkan, mobil yang anda kendarai menggunakan dua mesin yang berbeda namun satu tujuan, efisiensi dalam menggerakkan mobil. Ketika butuh performa, mesin bensin akan berfungsi, ketika butuh efisiensi, hanya motor listriknya saja yang berfungsi.

Di Indonesia, Toyota baru menerapkan teknologi Hybrid Synergy Drive ini pada Toyota Prius, baik yang generasi kedua dan ketiga. (mobil.otomotifnet.com)


View the original article here

No comments:

Post a Comment