Tuesday, March 20, 2012

Mantap, Volvo Buat Airbag Untuk Pejalan Kaki

Eropa – Tak hanya memfokuskan pada faktor keselamatan penumpang, kini pabrikan mobil Eropa juga peduli keselamatan pejalan kaki. Salah satunya adalah Volvo dengan menciptakan teknologi, airbag bagi pejalan kaki. 

Teknologi ini ditanam pada varianV40 hatchback yang pamer di ajang Geneva Motor Show 2012 pekan lalu.

Airbag tersebut melambung meliputi daerah di atas kap yang mengangkat. Ditambah sekitar sepertiga dari luas kaca depan dan bagian bawah pilar A.

Cara kerja airbag ini didukung sebuah sensor yang terpasang pada bumper depan. Saat adanya benturan, V40 cepat mendeteksi adanya kontak antara mobil dengan pejalan kaki.

Respon berikutnya bagian kap mesin membuka seraya airbag yang mengembang berbentuk huruf U terdapat di depan kaca. Penggunaan airbag ini mampu menghindari pejalan kaki dari benturan langsung dengan kaca, yang bisa mengakibatkan kaca depan pecah.

Fitur canggih lain dari Volvo juga disematkan. Seperti Lane Keeping Aid untuk selalu memonitor pengemudi dan lajur berkendara. Juga haptic auto steering, Park Assist Pilot, automatic Road Sign Information, Active High Beam and a Cross Traffic Alert radar system at the rear.

Serta Pedesterian Detection dengan auto braker dan City Safety low-speed collision avoidance system yang mengurangi kecepatan hingga 49 km/jam saat melintas di dalam kota.

Hmm, jadi makin aman deh. (mobil.otomotifnet.com)


View the original article here

No comments:

Post a Comment